BANYU BERKAH

Banyu… iyhaaa Banyu. Dalam bahasa Indonesia air.

Banyu berkah, bukan air dari mata air keramat. tetapi nama sebuah KKM di desa Bumirejo.

Air merupakan salah satu sumber kehidupan yang tidak bisa diabaikan. Air yang bersih, sehat dan teruji tes dari lab yang telah dinyatakan sehat dan layak minum sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Khususnya di Desa Bumirejo Kecamatan Ulujami, untuk saat sekarang ini memang belum termasuk kategori krisis air bersih.

Memang harus di akui, jika musim kemarau tiba, debit air yang terkandung dalam tanah berkurang, dampaknya banyak sumur yang mampet, yidak mau lagi mengeluarkan airnya.

Pada Tahun 2018 Desa Bumirejo, telah melakukan pembangunan sarana air bersih bersekala Desa melalui Program PANSIMAS III Tahun 2018.

Sejak bulan Juli 2018 PANSIMAS dibangun di lokasi Dusun III dan hingga Januari 2019 sudah bisa beroperasi.

Alkhamdulillah, sejak PANSIMAS beroperasi banyak warga masyarakat yang memanfaatkan keberadaan sumber air bersih bersekala desa tersebut.

Menurut Mas Rusman Nuryadin selaku Petugas yang membangun dan mengelola airbersih PANSIMAS III (KKM “BANYU BERKAH”, warga desa bumirejo benar-benar berkah dan yang sudah menggunakan air bersih tersebut kurang lebih 25 Kepala rumah tangga atau rumah, dan kedepan akan lebih banyak lagi.

Untuk bulan pertama, warga bisa menggunakan air bersih secara GRATIS, dan baru akan di tarik pembayaran pelanggan pada bulan berikutnya dengan tarif Rp. 1.500 / M3. = ( +/- 5 Galon )

Dilihat dari sisi harga, sumber air bersih ini tergolong murah dan sangat murah. Dibandingkan dengan isi ulang, yang harganya rata-rata Rp. 4.000/galon, tentu sumber air bersih dari PANSIMAS akan menjadi pilihan demi penghematan.

Terima Kasih PANSIMAS, warga desa bumirejo bisa mempunyai sarana Sumber air bersih berskala desa.

Admin@bumirejo.desakupemalang.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*