Jelang Idul Adha, Tim KKN UNDIP Sosialisasikan Metode Pemilihan Daging ASUH

BUMIREJO – Tim II KKN Universitas Diponegoro tahun 2018 menyelenggarakan sosialisasi dengan tema “Metode Pemilihan Daging ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal)” di Balai Desa Bumirejo pada Rabu (25/7). Kegiatan tersebut bersamaan dengan acara selapanan ibu-ibu PKK Desa Bumirejo yang rutin diselenggarakan setiap bulannya.

Materi disampaikan oleh Fatimah, mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro. Materi yang disampaikan meliputi metode pemilihan daging hewan yang berkualitas serta pendeteksian daging ayam tiren. Kualitas daging yang disorot dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah aman, sehat, utuh dan halal atau yang biasa disingkat sebagai ASUH. Keempat aspek tersebut merupakan hal wajib yang harus diketahui oleh ibu-ibu rumah tangga yang merupakan penyedia konsumsi di rumah. Penyampaian materi ini dinilai sangat tepat, terlebih dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, umat muslim akan merayakan hari raya ‘Idul Adha.

Menurut Fatimah, pemilihan daging yang baik dan berkualitas merupakan salah satu kunci dalam pemenuhan gizi keluarga, serta sebagai langkah awal untuk mencegah terjangkitnya penyakit berbahaya yang berasal dari konsumsi daging yang tidak berkualitas dan tidak layak untuk dikonsumsi. Materi lain yang disampaikan dalam kesempatan tersebut yakni mengenai berbagai jenis penyakit dan bahaya yang ditimbulkan dari daging yang tidak memenuhi kriteria ASUH. Berbagai penyakit yang disampaikan merupakan kasus-kasus nyata yang marak terjadi di masyarakat. “Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat mampu untuk memilah dan memilih daging yang baik dan berkualitas untuk keperluan konsumsi sehari-hari, sehingga timbul kesadaran dalam masyarakat untuk tidak mengkonsumsi daging yang buruk meski dengan harga yang relatif murah, untuk menghindari terjadinya dampak negatif yang dapat ditimbulkan”, ujar Ardik Putra Pratama selaku koordinator KKN Desa Bumirejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*